Sabtu, 14 Januari 2012

Keindahan Ditengah Padatnya Ibukota



Jakarta merupakan ibukota dari  negara Indonesia. Kondisi kependudukan di kota ini sudah sangat padat dihuni oleh masyarakat. Dan hal ini menyebabkan semakin berkurangnya ruang terbuka di kota ini. Tetapi ditengah padatnya kehidupan di kota Jakarta, terdapat sebuah ruang terbuka di daerah Menteng, Jakarta Pusat. Daerah tersebut lebih dikenal sebagai Taman Menteng.


Taman Menteng ini berukuran kurang lebih 153m x 165m. Taman yang terletak di tengah kota Jakarta ini hampir selalu ramai dikunjungi oleh warga sekitar.


Taman Menteng ini bisa dikatakan sebagai taman yang lengkap. Disini terdapat sebuah kolam yang berada ditengah dari dua taman utama dalam satu sumbu yang simetris. Keindahan taman dan kolam ini merupakan satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan.


Selain taman dan kolam, Taman Menteng juga memiliki sebuah icon dari daerah tersebut yaitu rumah kaca yang berjumlah 2 buah.


Kehadiran rumah kaca diantara gedung-gedung pencakar langit di Jakarta merupakan sesuatu yang sangat jarang terlihat di kota-kota lainnya. Dan rumah kaca di Taman Menteng tersebut juga menjadi daya tarik utama pengunjung untuk mengunjunginya, selain kesegaran udara alami dari taman itu sendiri.






selain taman, kolam, dan rumah kaca, Taman Menteng ini juga memiliki jalur pedestrian yang cukup bagus. Baik dari segi penataan batu-batuannya maupun dari segi sirkulasi.


Suasana Taman Menteng di malam hari juga tidak kalah indahnya dengan di siang hari. Keindahan ini diperoleh dari bagusnya penataan pencahayaan di malam hari. Ini yang membuat warga sekitar juga bisa mengunjunginya di malam hari.





Dan dari uraian diatas dapat disimpulkan kalau Taman Menteng merupakan taman yang lengkap di ibukota Jakarta, yang terdiri dari satu kesatuan yang indah antara taman, kolam, rumah kaca, pedestrian, dan pencahayaan, sehingga menciptakan suasana yang nyaman dan sejuk ketika kita mengunjunginya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar