Sabtu, 23 Oktober 2010

tugas pengantar arsitektur ( Bangunan Unik )

I. EGYPT UNDERWATER MUSEUM (MUSEUM BAWAH LAUT) DI ALEXANDRIA, MESIR





Bangunan ini merupakan salah satu bangunan unik yang saya temui. Nama bangunan unik ini adalah Egypt Underwater Museum ( Museum Bawah Laut Di Mesir ). Bangunan ini terletak di laut Mediterania, Kota Alexandria di Mesir. Menurut saya bangunan ini termasuk bangunan yang modern dan sekaligus bangunan yang peduli terhadap alam dan budaya. Dibilang modern karena bangunan ini sangat memanfaatkan view laut, maka dari itu diberi pencahayaan berwarna biru disekitar bangunan tersebut. Lalu dibilang peduli terhadap alam karena bangunan ini yang terletak di laut dan bentuk dari bangunannya menyerupai sirip ikan hiu. Dan dibilang peduli terhadap budaya, karena bangunan ini merupakan bangunan yang menyimpan bukti-bukti sejarah panjang berdirinya negara Mesir ini.
Alasan mengapa saya memilih bangunan ini sebagai bangunan unik karena bangunan ini merupakan museum pertama yang terletak di bawah laut di dunia. Dan juga bentuk arsitekturnya yang terinspirasi dari empat sirip hiu yang mengarah pada empat mata angin utama yaitu Utara, Selatan, Barat dan Timur. Selain itu di negara yang dominan bergurun ini, view yang diperlihatkannya juga sangat indah, yaitu berada di laut. Coba lihat beberapa view yang ditawarkan museum bawah laut ini pada gambar 3 dan gambar 4.


II. BANGUNAN SARANG TAWON HIJAU DI SEOUL, KOREA SELATAN



Bangunan unik kedua yang saya temukan adalah Bangunan Sarang Tawon Hijau. Banguanan ini merupakan proyek masa depan Korea Selatan, tepatnya untuk tahun 2026 mendatang. Menurut saya bangunan ini tergolong bangunan modern yang ramah dengan lingkungan. Dibilang modern karena bentuk bangunan ini yang tidak lagi dominan dengan bentuk kotak pada umumnya. Bentuk arsitektur bangunan ini terdiri dari lingkaran dan bangunan yang berbentuk vertikal. Lalu dibilang ramah lingkungan karena bentuk bangunan ini yang menyerupai sarang tawon, selain itu bangunan ini juga di tumbuhi oleh tumbuhan yang merambati bangunan ini. Bentuk bangunan tersebut seperti tampak dalam gamabar 1 di atas. Bangunan ini terbagi dalam dua bagian, yaitu bagian dasar dan bagian gelembung.
            Bagian pertama adalah bagian dasar bangunan. Bagian ini memiliki banyak fasilitas dan kegunaan. Diantaranya adalah tempat parkir di dalam basement, pedestrian, pejalan kaki, monorail, tempat olahraga dan santai, fasilitas pendidikan, balai konvensi, ruang konferensi, fasilitas kebudayaan, dan fasilitas pendukung komersial. Untuk lebih jelas lagi dapat dilihat pada gambar 2 dibawah ini.



            Bagian yang kedua adalah bagian gelembung. Bagian ini merupakan inti dari bangunan berbentuk Sarang Tawon ini. Pada bagian ini juga terdapat banyak fasilitas. Diantaranya adalah kantor, fasilitas kesehatan, pelayanan umum, fasilitas kesejahteraan, dan ruang komersial. Untuk lebih jelas lagi dapat dilihat pada gambar 3.


III. MUSEUM KOMODO DI TMII, INDONESIA





            Bangunan unik yang saya temukan adalah Museum Komodo yang ada di negara kita Indonesia, tepatnya di Taman Mini Indonesia Indah. Bangunan ini saya bilang unik karena bentuknya yang menyerupai Komodo. Seperti tampak pada gambar 1 dan 2, museum ini nampak persis seperti hewan Komodo pada umumnya. Pada gambar 1 terlihat tampak samping kiri dari museum tersebut. Sedangkan pada gambar 2 tampak depannya. Menurut saya bangunan ini dibuat untuk melambangkan kepada dunia bahwa hanya Indonesia lah satu-satunya negara di dunia ini yang masih memiliki salah satu peninggalan binatang di zaman purbakala. Selain itu, menurut saya struktur untuk membangun bangunan ini sangat rumit karena bentuknya yang harus disesuaikan oleh bentuk dari komodo.

 IV. BANGUNAN KURA-KURA RAKSASA DI JEPARA, INDONESIA


Pada bangunan unik keempat, lagi-lagi saya menemukan dari negeri kita Indonesia tercinta. Bangunan unik kali ini adalah bangunan yang menyerupai bentuk dari kura-kura raksasa. Bangunan ini tepatnya terletak di Kawasan Wisata Pantai Kartini, Jepara. Bangunan ini adalah bangunan untuk wahana Sea World di dalamnya. Dapat dilihat pada gambar 1, betapa miripnya bangunan ini dengan binatang kura-kura. Menurut saya bangunan ini merupakan bangunan yang sangat memperhatikan lingkungan disekitarnya dan juga terbentuk sesuai fungsinya.
Dibilang sangat memperhatikan lingkungan disekitarnya karena bangunan ini yang letaknya di kawasan pantai dan  sangat pas dengan bentuk bangunan itu sendiri, yaitu kura-kura yang pada dasarnya hidup di daerah pantai. Kalau dilihat dari segi konstruksinya, saya menilai bangunan ini sama sulitnya dengan bangunan pada Museum Komodo. Karena struktur dari bangunan ini harus dibuat seperti bentuk kura-kura pada umumnya.
Pada gambar 2 dibawah ini dapat kita lihat pintu masuk ke wahana Sea World di dalamnya. Sedangkan pada gambar 3 dapat kita lihat tampak samping kiri dari bangunan tersebut, sekaligus proses pada saat pembuatannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar